Kalo aku kayak gini terus, mau jadi apa aku nanti ?

Teman2ku kelihatannya lebih bersemangat tuk menatap hidup. Aku ?. benar2 orang yang inkonsisten dalam bertindak. Bertindak kadang2 penuh percaya diri kadang2 mlempem tanpa arti. Akukah orang terbaik daerahku ? Atau akukah orang yang hanya terbaik dari segi almamater tempat kuliah ? Memang selama ini aku banyak melakukan karena satu. Rasa untuk diperhatikan dan dipuji. Memang ini muncul spontan. Tapi yang terlebih parah adalah semangat semuku yang tanpa target. Aku memang bodoh tapi orang bodoh kayak aku banyak jenisnya namun aku termasuk jenis yang tidak produktif. Ikut MG tapi dateng dan baca buku aja ogah2an. Ikut KM males juga diundang ama kak Holan. Tinggal mata nih. Tapi sama juga, aku berangkat sering telat. Payah n gila. Kulihat dari segi prilaku kelihatannya si hasti, Wildan, Nita dan Ghufron orang2 seangkatanku yang punya visi revolusioner. Itu terlihat dari lagaknya dalam beraktivitas. Biarpun kalo Nita aku nggak tahu ya. Tapi aku lihat dia jarang FB-an. Aku tipe orang kalo lagi semangat. Semangat banget. Tapi kalo lagi males. Meles terus. Itulah aku yang mau gak mau harus kuubah seendiri. Target tetap semester ini IP 4. Aku harus optimis untuk meraihnya !

Karena kesibukan semuanya kutulis ditanggal 27

(13-02-2010) hari ini sabtu, habis shubuh kuisi dengan belajar trus mandi dan sekitar setengah delapan aku ke salman tuk nunaiin amanahnya Dihya yakni sebagai qori’ di acara Salman. Aku terlihat bngung dan aku coba cari Wahyu sebagai panitia acara namun karena aku nggak terlalu niat jadinya gagal ketemu. Aku endingnya nggak jadi biarpun aku sempak masuk kawasan pengajian ama Sidik. Ternyatanya pula pesertanya adalah mahasiswa ITB angkatan 2008. Aku sempat lihat mas Rizal namun nggak kusapa.

Aku jadinya nggak ikut olahraga pagi ama Mata, aku nunggu ketemu Wahyu. Setelah makan di Salman kucari lagi namun nggak ketemu dan selanjutnya sekitar jam setengah sepuluh taklim dimulai dengan bertempat di ruang Usman Gd Kayu Salman. Seusai acara aku pulang.

(14-02-2010) Hari ini Cuma kuhabisin waktu denga stay at home.Namun sorenya aku ngajar Shiva. Aku juga nyiapin dengan belajar materi PTI tuk besuk praktikum pertama.

(15-02-2010) Hari ini aku berangkat pagi sekitar jam setengah tujuh. Aku praktikum Fisika dulu di lantai atas comlabs. Ini kelihatannya berangkat terpagiku di ITB. Males banget percobaan sprektometer ini. Kepalaku sampai pusing lihat sprektrum warna cahaya yang endingnya juga gagal gara2 terlawan dengan cahaya matahari biarpun dah ditutup ama korden.

Selanjutnya praktikum PTI. Aku coba baca2 dulu biarpun belum juga pulih dari rasa malas. Setelah masuk ternyata aku salah ruangan. Ini nggak kusadari sampai praktikum hendak selesai. Aku baru tahu setelah diabsen. Kok namaku nggak ada ya?. Parah. Tugas praktikumku juga gagal total. Benar2 payah!

Hujan deras banget pasca praktikum. Aku nunggu sampe reda…

(16-02-2010) Untuk pertama kalinya aku telat kimia. Aku kira2 telat 2 menit pasca Pak Indra masuk kelas (versi Haris). Yang telat ternyata nggak Cuma aku. Ada Bonita, Sidik dan Nazier (semuanya jadinya belajar bersama kimia tentang so’al PR di selasar comlabs) serta Puguh yang katanya nunggu di musholla GKU. Payah banget memang. Aku jadinya nggak ikutan kuis.

(17-02-2010) Mlam ini ada taklim dengan kang Rian. Khusus hari ini diganti masalahnya beliau hari jum’at nggak bisa. Akupun berangkat ontime habis Isya.

(18-02-2010) Aku tetap puasa biarpun nggak sahur. Habis kuliah bahasa Inggris ada kumpul rohis kelas di Gd Elektro lantai 2. Selanjutnya ke Salman, ngajari ngaji mandela dan sholat. Habis sholat belajar fisika ama Imam, Agung dan lainnya. Haris tiduran, katanya malem tadi tidurnya dikit banget. Setelah jam satu kubangunin trus ke kalas tuk belajar fisika. Sebenarnyya sesuai kesepakatan tadi Sidik ngajar di depan kelas namun nggak jadi, belajarnya Cuma orang per orang.

Seperti sebelumnya, sebelum kuis pak Umar fauzi cerita tentang kejujuran. Beliau nyeritain tentang orang2 yang jujur dengan maksud ntar nggak ada yang nyontek ketika ujian dikarenakan Pak Umar nggak ngawasi. Kuis 2 dimulai, ada dua so’al. Nomor satu sukses kukerjain biarpun nggak tahu benar apa salah dan juga butuhin waktu yang cukup lama. So’al kedua kuawur yang penting nggak nyontek. Ternyata omongan Pak Umar nggak dilakuin oleh sebagian teman. Adit, Gaby hana, farjumzal dan sebagian temen lainnya masih nyontek Sidik. Aku kerjain sendiri biarpun jelas2 salah.

Buka puasa terasa nikmat. Alhamdulillah…

(19-02-2010) Jum’at ini sorenya ada diskusi MG-KSEEP. Aku hadir telat habis Isya (padahal jadwalnya jam 7). Malam ini hujan jadinya yang dateng sedikit. 2009 yang paling rajin Ihsan. Pulangnya berbarengan dengan bubarnya acara di sabuga. Katanya ada konser Raihan. Sayang g nonton…

(20-02-2010) habis shubuh aku bangun trus jam setengah tujuh lebih aku bangun dan selanjutnya makan dan nyantai buat minuman hangat. Sekitar jams etengah delapan aku ke Salman tuk refreshing dengan anak2 milis di sukawana kebon teh. Jadwalnya kumpul jam setengah tujuh, namun aku telat total, aku jadinya satu2nya yang ditunggu.

Aku belum makan, akibatnya aku mau muntah pas diangkot yakni angkot Caheum-Ledeng yang disewa. Perjalanan cukup jauh membuatku nyesel ikut, tapi setelah sampai kawasan dan jalan beberapa kilometer kebosananku perlahan hilang. Apalagi setelah sampai ditempat tujuan yaitu air terjun. Kebosananku langsung ilang. Aku main2 ama ikhwan2. Ada Tomi, Rizki (2 orang), Wahyu, haris, Sidik, Zamzam, kak Heri dan yang lainnya. Pokoknya ramai dech. Setelah main air, makan bareng (aku g bawa, tapi dikasi dan makan bareng2). Selanjutnyya sholat dengan pakaian basah lalu kumpul dulu dan pulang. Pas pulang apes. Gara2 rutenya tembus kawasan wisata. Jadinya bayar 3 ribu per orang. Sebelumnya dah dinego termasuk aku ikut namun masih aja g bisa.

Jalan sampai keluar dari kawasan perumahan mewah. Selanjutnya naik angkot dan menuju Ledeng. Setelah nunggu rombongan akhwat, naiklah angkot Caheum-Ledeng dan aku turun Pelesiran. Aku makan di warteg lalu pulang dan mandi.

Aku akhirnya g jadi ikut pembinaan P2Q di salman.

(21-02-2010) Pembinaan mingguan mata ditunda hari ini sekitar jam delapan kumpul di taman ganesha. Aku nggak telat dan kebetulan yang dateng baru orang tiga dengan aku yakni Frizal dan sapa ya aku lupa namanya. Sebelum pembinaan ada apel dulu sampai sekitar jam setengah sepuluh baru pembinaan di lapangan rumput Salma. Kebetulan yang ngisi adalah alumni mata yang sekrang lagi S2 di ITB. Materi yang dibawakan adalah tentang sirah Nabi yakni Perang Uhud dan peristiwa Isra’ dan Mi’raj. Seusai acara, ada makan bersama nasi goreng dari nasi yang dibawa tiap2 AM. Aku tadi juga bawa. Seusai itu, aku pulang.

Sore ini aku ngajar Shiva pelajaran IPA dan Matematika.

(22-02-2010) Aku tetap puasa biarpun nggak sahur. Kali ini ada praktikum kimia dasar. Aku sekitar setengah delapan berangkat dan menuju ke taman ganesha tuk ngambil bunga bwt praktikum ntar.

Untung aku bawa Cuma tiga tangkai doang. Ternyata yang dipakai Cuma satu tangkai bunga. Itupun nggak full. Praktikum kali ini seperti biasanya kemalasan timbul dengan tanpa disengaja. Tes akhir aku cukup sukses dibandingin dengan tes2 semester kemarin terhitung pasca tes pertama karena tes pertama aku dapet nilai 70. Habis praktikum aku pulang.

Aku Cuma di kontrakan nggak ke kampus lagi.

(23-02-2010) Aku berangkat lebih pagi. Aku nggak mau nggak  masuk kelas lagi gara2 telat. Nggak ada kuis baik kimia maupun fisika. Cuma kuliah aja. Pak Indra aja ngasih PR. Fisika Cuma sekitar sejam ajah. Aku selanjutnya ke comlabs tuk beli IAI3 dan juga setting gara2 nggak bisa connect. Aku jadinya telat taklim. Untungnya taklim nggak ada, digantiin Luqman dengan bawain pengumuman2 aja.

Aku nggak pulang. Jam dua ada kuliah PTI. Sebelum kuliah aku minta ajarin Sidik Fisika masalahnya besuk ada PR. Seusai kuliah PTI ke Salman, sholat ashar dan pulang. Besuk ada kuis fakultas kalkulus.hahha

(24-02-2010) Kuliah pertama fisika lalu dilanjutin kalkulus dengan PR. Pak Yudi dateng agak telat. Aku sempat kencing dulu. Kuis kali ini ada empat so’al. So’al nomer satu sampe empat lancar. Namun nomer empat payah. Aku salah total dan payah lah. Setelah kuis dibahas aa Pak Yudi lalu kuliah. Seusai kuliah, aku ke kantor MG bahas kaderisasi MG –KSEEP angkatan 2009. Yang dateng Cuma aku, Ihsan dan nanda. Si Niki nggak dateng. Sehabis itu aku pulang dan di kamar aku belajar SAS ntar ada kuis.

Jam setengan dua lebih aku ke kampus dan ikutan kuliah SAS. Kuis terasa mudah namun aku dapet nilai 80. Lumayan lah. Alhamdulillah. Setelah kuliah, aku ke Salman. Waktu itu airnya habis. Aku nggak jadi kencing dan sholat. Puguh jajanin aku dan Sidik di kantin Salman. Selanjutnya aku pulang dengan hujan yang nggak terlalu deras. Aku make payung ‘sengkleh’ku.

Aku mandi dulu baru sholat setibanya di kontrakan.

(25-02-2010) Aku kali ini tetep puasa biarpun nggak sahur dan terlihat perutku buncit. Aku masih berangkat sebelum jam tujuh. Aku jadinya bisa ikut kuliah Pak Indra. Selanjutnya di ruang yang beda yakni di Labtek FTI ada kuis bahasa Inggris dimana kelihatannya nilai kuisku kurang memuaskan. Setelah itu aku pulang. Ngajar anak2 rohis kelas kutunda dan jam dua kurang aku berangkat lagi tuk ikutan tutor fisika dan kalkulus. Pas kalkulus tidak hanya tutor, tapi juga kuliah.

Seusai itu, aku, haris dan Sidik menuju ke ATM dan Salman. Haris tadi pinjem uangku 30 ribu. Ada tausiyah di depan tempat penitipan sandal namun aku nggak ikut. Aku pulang. Aku lewat jalan aspal bawah jembatan layang. Aku beli lauk masakan padang lalu beli jus. Sayang disini dah azan. Aku pesen jus lalu beli roti di toko kecil biasanya yang tak jauh dari jualan jus ini. Aku buka dan selanjutnya setelah siap jusnya, aku ke kontrakan. Dah qomah, namun aku tetep coba jus sirsak dan roti biskuatku.

Aku jadinya dapet rokaat terakhir doang. Sehabis sholat aku habisin takjilanku sambil nunggu nasi mateng. Sayang, baru habis Isya aku makan. Aku selanjutnya nonton Opera van java sampai usai dan baru kemudian ke kamar tuk sentuh belajar C++.

(26-02-2010) Habis shubuh aku ngerjain so’al sisa tutor kalkulus yang kemaren diterangin ama Pak Yudi. Selanjutnya aku ngenet dan intinya ngeblog. Aku pingin banget kayak Kak Yuniar yang jago banget pemrogaman dilihat blog2nya yang bagus dan keren lah. Sekitar jam tujuh lebih, ada sinyal tuk nulis tentang sekolah MI-ku dulu. Aku nulis dan belum maksimal sich namun cukup lah argumennnya. Tulisan ini terinspirasi SMS Nita yang nggak jelas itu. Aku sempat bertanya dia nggak seperti biasanya SMS aku. Aku jadinya harus dapet pita merah untuk kedua kalinya karena aku telat 12 menit. Taklim dimulai dengan game ngumpulin Puzzle di kampus. Setelah matuhi petunjuk akhirnya terkumpul juga biarpun aku nggak dapet satupun Cuma ikutan lari dan nyari. Padahal sebenranya aku nggak niat. Instruksi dari puzzle itu adalah taklim kali ini di selasar planologi, namun sayangnya dibatalin karena berisik suara musik dari LSS. Taklim tetap seperti biasanya di lapangan rumput Salman.

Materi kali ini tetap tentang perang Uhud. Sebenarnya tentang hijrah juga tapi nggak tersinggung. Seusai taklim aku pulang dengan cukup segera. Aku langsung buka laptop dan segera mengedit tulisanku. Kutulis di note fb dan ku tag nakif, mas zuri, Nita dan Ovi. Tak lama kemudian Nita langsung balas. Nggak seperti biasanya. Pikiran ngadain reuni pun muncul. Namun bentar lagi mau jum’atan, aku ke masjid dulu. Pikiranku berulang kali mbayangin acara reuni dimana aku ngucapin sambutan di depan banyak alumni lainnya. Ini terbawa sampai sholat juga.

Internet dipake wildan tuk beberapa saat dan setelah kupake lagi ternyata command dari Nita tambah. Aku balas dan pas Ashar dari Ovi dan juga Lia selanjutnya add aku. Aku sampai nggak sholat Ashar jama’ah dan kepalaku sampai pusing kelamaan internet. Aku ngedit blog-ku berkat ilmu dari kak Yuniar. Aku sempat nyuci lalu mandi dan sholat ashar sendiri. Lagian nggak ada azan di masjid samping.

Selanjutnya habis sholat sambil nunggu Wildan mandi, aku ngenet bentar trus ke BEC. Jalan Dago macet total. Payah bgt. Parkir di kawasan gramedia habis. Jadinya motornya Wildan diparkir di depan sekolah  sebelah selatan BEC (sekitar 50 m dari BEC). Selanjutnya ke BEC. Lihat2 kamera dan HP itulah tujuan utamaku. Wildan lihat2 laptop. Ternyata ia dibeliin laptop lagi dengan merk Acer. Katanya sabtu ini akan dateng.

Setelah dari BEC, sholat dulu di masjid belakang parkiran lalu ke Gramedia. Aku sempat baca bukunya Pradana Boy ZTF yang dulu mau diundang melati tunas di SMP Muhammadiyah 11 Sukodadi pas aku pulang pertama dari bandung namun nggak dateng. Beliau adalah orang lamongan asli dan sekarang dosen di UNMUH Malang. Aku baca bukunya tentang konsep pluralis. Dia sejalan dengan pemikiran Pak Syafi’i ma’arif , Munir Mulkhan, Amin Abdullah yang diklaim Pak Munir sebagai Golongan Islam Liberal. Nggak selesai kubaca namun ini bisa menambah ilmuku.

Setelah itu pulang dan jalan Dago tetap macet. Emang wajar lah. Masalahnya libur relatif panjang 3 hari. Sebelum sampai kontran aku beli soto tanpa nasi sementra wildan beli di tempat yang berbeda yakni di warung depan warnet yang dulu biasanya aku ngenet.

Di kobtrakan makan, nonton TV dan juga ngenet. Aku sempat hubungin Ibu dan ngobrol ama Ibu, bapak dan mbak is. Dek faroh dah tidur. Aku batal ngobrol ama dia. Aku ngenet sampai sekitar jam sebelas lebih. Aku jadinya sholat sendiri. Aku buat blog dari wordpress lagi. Sekali lagi aku ingin memiliki ilmunya Yuniar…

Ternyata fanni ber-IQ 142

(10-02-2010) Kuliah hari ini Fisdas, kalkulus. Habis kuliah aku pulang dulu dan baru menjelang kuliah SAS aku ke kampus. Awal kuliah ada kuis. Berbekal pengetahuan seadanya dan dengan tadi belajar aku kerjain 10 so’al yang relatif singkat. Hasilnya nilaiku 90. Permulaan yang bagus!

Di kuliah ini, aku jadinya dikenal dosen setelah aku tanya tentang perbedaan mendasar pernafasan dengan mulut dan hidung. Awalnya aku duduk di cukup pinggir namun selanjutnya aku pidah ke depan dekat fidriany biar lebih bisa lihat.

Habis kuliah, sholat di Salman lalu pulang. Aku di kamar selanjutnya ngerjain tugas Bahasa Inggris via web. Malamnya belajar !

(11-02-2010) Kamis ini aku puasa biarpun malas2an tuk sahur dan endingnya nggak sahur. Kuliah kali ini kimia dasar nglanjutin materi dan Critical reading sekitar sejam. Selanjutnya aku hendak sholat duha namun depan musholla GKU ramai. Aku selanjutnya foto copy transkip nilai lalu ke TU GKU. Aku mau legalisir namun jadinya sore katanya. Aku ningguin sidik dan ngobrol ama Fanni. Dia mau ngajak  lihat hasil tes psikologis. Setelah Sidik dateng, aku dan mereka berdua segera ke sana. Ngisi biodata dulu lalu nunggu panggilan dengan berlima. Masing2 aku, Fanni, Sidik, Fina dan Gilang. Semuanya anak Mipa. Setelah dipanggil, satu persatu dibagiin hasilnya. Mulai dari aku, sidik, Gilang, Fina dan Fanni. Ternyata ini urut berdasar hasil tes. IQ-ku yang hanya 106 ternyata terendah. Selanjutnya masing2 110 untuk Sidik dan 130 untuk Fina dan Gilang serta 142 ( superior ) untuk fanni. Keren banget Fanni namun IP-nya hanya 2.11. Sepulang dari sini aku sempat down karena IQ-ku terendah dan sempat terpikir di pikiranku aku mustahil masuk di jurusanku dan jadi dosen. Prasangka ini sampai terbawa lebih sampai esok hari biarpun kupaksa aku harus bangkit dan bersemangat.

Selanjutnya ke dosen waliku dan Sidik di prodi Kimia dan matematika namun tetap aja tidak ada. Selanjutnya ke Salman sholat duhur lalu ikut taklim bersama ust Hervi. Selanjutnya ngobrol2 ama kang Heri dll lalu masuk tutor Fisika dasar. Ternyata yang dateng dikit sekitar 25 % aja. Seusai itu aku pulang dan sampai aku batalin tuk nemanin Kak holand ke MWA. Kondisi ujan dan males lah.

Habis maghrib aku telpon rumah. Aku ngobrol dengan Ibu, mbak Is dan bapak. Semangatku kembali muncul namun tidak seperti sebelumnya. Terbukti aku hanya ngerjain beberapa so’al aja di so’al tutor kalkulus.

Malamnya aku isi dengan ngerjain Kalkulus…!

(12-02-2010). Hari ini Cuma ada kuliah kalkulus aja. Itupun bapaknya aja telat. Aku juga duduk di belakang. Pyang banget kan padahal mataku kan tambah payah.

Seusai kuliah aku ke departemen matematika tuk ketemu dengan pad Joko tuk tanda tangan bwt beasiswa namun beliaunya nggak ada. Aku nunggu lumayan lama, tak tinggal makan dulu di KBL lalu ke kantornya lagi nggak ada. Selanjutnya tak putusin pulang.

Di kontrakan maen internet dan juga mencoba murajaah kalkulus. Aku kemudian sempat tiduran bentar sampe jam setengah dua belasan trus mandi dan jum’atan. Habis jum’atan aku beli jus, ngenet, baca kompas saran dari Bob dan maen lah lalu tisur. Kala itu sekitar jam dua. Gila emang aku. Jam setengah enam lebih aku baru bangun. Aku kemudian ke KM dan sholat ashar. Tak terlalu lama kemudian azan maghrib pun berkumandang. Aku batalin kumpul Ganja di CC Timur.

Malam ini setelah Isya aku ke Sunken tuk kumpul MG diskusi. Undangan dari niki sih jam tujuh tapi aku telat sekitar sejam. Diskusi dah dimulai, aku telat. Yang dateng nggak banyak. Anak 2009 Cuma Ikhsan, Nanda dan Aku. Si Niki malah nggak dateng. Diskusi sampai jam sebelas kurang. Aku kemudian pulang.

Ternyata di Sabuga ada konser Raihan dan pas aku pulang pas bubaran. Aku naik angkot caheum-Ledeng dan turun di Plesiran. Aku buat minuman dan ngenet setiba di kamar.

Ada saudaranya kak Yuniar dan tiga temennya tidur di depan TV. Sudah sholat Isya belum ya mereka ????

Ikut seminar Industri, beraniin diri dan ada Ojie

(07-02-2010). Aku bangun pagi dan masih di tempat ojie. Setelah shubuh baca buku n sekitar jam enam ke Gasibu lihat pasar kaget. Aku harus muter gedung sate karena jalan di blokir. Aku coba ke dalam komplek gasibu namun pintu tertutup. Setelah dapet pintu alternatif terdekat dengan gasibu, aku n ojie keluar dan lihat2 pasar kaget ini. Ramai banget, ada jual kelinci, pakaian, mainan anak2, makanan dan lain2. Pokoknya lengkap dech. Aku Cuma lihat2 aja. Tapi beli makan ‘lontong tahu’. Aku cukup laper. Sehabis makan, muter2 bentar lalu pulang ke kontrakan begitu pula ojie. Aku siang ke kampus tepatnya di Aula Barat tuk ikutan seminar Industri dengan Menristek, Adi Sasono dan direktur utama PT Pindad. Awalnya katanya tiketnya dah habis, aku Cuma muter2 area ITB Fair nggak jelas lah. Setelah dapet sms Sidik, aku baru beraniin diri. Aku masuk tanpa nulis nama. Seminar ini cukup menarik, sayangnya mataku biarpun pake kacamata tambah blabur. Intinya acara ini terletak pada pembicaraan Pak Adi sasono. Beliau berulang kali mengatakan tentang selayaknya Indonesia menerapkan ekonomi kerakyatan, bukan ekonomi neolib yang sekarang diterapkan. Maklum aja dia setelah tak baca di internet merupakan politisi mantan menteri Koperasi dan UKM di kabinet BJ Habibie dan juga penderi partai merdeka. Setelah usai, aku ke Salman ama Sidik. Tadinya nggak dapet snack, namun ada sisa di meja panitia. Aku jadinya ngambil. Setelah ashar, aku pulang dan tak lama kemudian ngajar Shiva. Ojie ke kontrakanku jadinya aku sempat jemput dia di plesiran. Ojie nginep di kamarku. (08-02-2010). Ojie pulang jam tujuh kurang. Aku anter jalan kaki ajah. Aku jam lapan ke lab kidas dan ternyata Cuma pembagian modul dan itupun bentar banget. Selanjutnya setelah letakin laptopnya Ojie di comlabs, aku coba ke Dept Matematika tuk tanda tangan Pak Joko namun nggak jadi karena aku simpangan di jalan dan terpaksa ku batalin. Aku selanjutnya ke TU FMIPA namun ramai, aku batalin dan pulang. Hari ini nggak ada kumpul atau sejenisnya. Aku di kontrakan aja mencoba beraktivitas dengan membaca dan belajar. Aku hari ini kebetulan puasa dan seperti biasa beli jus. Hari ini aku termasuk sial banget. Selain uangku yang ilang 50 ribu, odol, sikat dan sabunku juga ilang. Aku mencoba sabar aja. Ini mungkin cobaan. (09-02-2010). Hari ini kuliah Kimdas dan fisdas.Pak Indra dah tidak digantiin lagi. Habis fisdas sebenarnya taklim ama kang Heri namun sayang aku batal. Ada sesuatu yang keluar dan mungkin kena celanaku. Jam setengah dua lebih, aku baru ke kampus. Ada kuliah PTI B. Sayang karena laptop pak Dosen nggak bisa nyambung ke proyektor jadinya kuliah Cuma sampai jam setengah tiga. Aku kumudian ngobrol2 ama temen namun tugas fisika juga belum kelar dan selanjutnya ke comlabs. Aku ngambil laptopnya Ojie lalu pulang. Ada PR fisika tambahan. Aku kerjain sendiri. Salah menurutku hal yang wajar yang penting PD dan tidak bergantung dengan yang laen.

ITB Fair dan Mata salman

(06-02-2010). Aku bangun sekitar jam lima lalu aku sholat shubuh di kamar lalu ngerjain PR Fisika dan ke saraga. Aku lari 6 putaran lalu pulang. Selanjutnya Aku makan nasi kuning sambil malas-malasan nonton TV.

Jam delapan, aku mandi dan selanjutnya ke Salman tuk ujian baca dan tulis al-qur’an. Selanjutnya aku ikut seminar matematika ama Sidik. Seminar ini merupakan serangkaian acara ITB fair yang cukup meriah. Media partnernya sungguh hebat. Seperti TV One, RCTI, Pertamina dan masih banyak yang lainnya. Sayang aku belum sempat muter2 lokasi pameran ini. Pas seminar Sayang telat dan jadinya dapet kursi belakang. Namun aku masih untung aku dapet ilmu dan snack sebagai pengganjal perut. Sertifikat tertunda karena mungkin namaku nggak bisa terbaca oleh panitia saat pendaftaran pas masuk tadi.

Selanjutnya foto2 ama temen lalu ke salman. Sholat dhuhur lalu tak lama kemudian kumpul di taman ganesha tuk pembukaan dan dilanjutin acara inti di GSG Salman ruang D. Setelah itu, sholat ashar dan pulang. Ternyata Shiva nggak bisa belajar sore ini. Free dech aku. Aku isi dengan online dan nyuci baju.

Selanjutnya nyantai bentar lalu mandi dan sholat di masjid samping. Setelah usai nyetrika kaos, aku menuju Gramed namun naik angkot Caringin. Aku nemuin Ojie di lantai 3 Gramedia. Kemudian kuajak makan dan ke BEC lihatin HP. Selanjutnya ke kos Ojie jalan. Tempatnya dibelakang SMA 3 bandung. Di kamar Ojie, cerita2 banyak lah. Aku sempat juga ngasih motivasi ke dia. Semoga dia lolos ujian masuk PTN yang diinginkannya. Amiin.

Aku sempat tertarik mau beli HP juga sepeda. Semoga Cuma intermezzo aja…

Minggu kedua kuliah

(01-02-2010) Aku berangkat cukup pagi sekitar jam setengah tujuh lebih dikit. Kali ini pengantar praktikum fisika. Pengantar Cuma bentar. Setelah usai aku pulang. Kali ini aku puasa. Shiva katanya pulang sekolah jam dua, jadinya sore ini nggak ada les lagi.

(02-02-2010) Kuliah pagi ini kimdas dan fisdas. Pak Indra kebetulan tidak ada namun diisi mungkin asistennya. Kali ini tetap kuis. Alhamdulillah aku cukup bisa. Aku dhuha ama haris dan Sidik di musholla GKU setelah selesai ngerjain kimia.

Seusai kuliah aku ke salman dan makan di kantin lalu ikut taklim di koridor timur sampe dhuhur. Setelah dhuhur masih ada kumpul namun nggak taklim Cuma main dan ngibrol tapi mendidik. Hujan deras banget. Biarpun belum reda, aku dan sebagian temen ke kelas sambil semi lari. Kuliah kali ini adalah PTI B.

Setelah kuliah, sholat di Salman lalu pulang. Nggak ada kumpul unit.

(03-02-2010) Kuliah hari ini fisdas dan Kalkulus. Setelah itu aku pulang. Kumpul rohis kelas ditunda besuk. Setelah jam dua, kuliah SAS. Di kamar aku sempat baca materinya.

Setelah kuliah, aku sholat dulu lalu pulang. Nggak ada kumpul unit lagi.

(04-02-2010) Aku puasa namun Cuma sahur minum doang. Aku sempat sholat dhuha namun baru empat rokaat aku tidur. Emang masih berat bagiku.

Kuliah pagi ini Kimdas dan Critical Reading. Pak Indra sementara diganti dengan dosen ibu2. Cepet banget ngasih materinya. Aku sempat tidak faham. Sementara kuliah reading cepet banget nggak sampe sejam. Jam sebelas ntar ada kumpul rohis. Masih ada sejam kosong. Aku sempat ikutan haris mau ngambil hasil psikotes. Namun karena prediksiku hari ini belum bisa dilayani, aku ke comlabs tuk ngerjain PR Fisika dan sholat dhuha di mushollanya.

Kumpul rohis, aku tetap PJ Taklim. Aku usul pas taklim diajarin Bahasa Arab aja. Sementara yang ngajar gampang, bisa aku ( nggak sombong lho). Seusai itu aku pulang dan di kamar sempat belajar buat kuis ntar.

Setelah sampai di ruang 9123 dan Pak Umar datang, kuis dimulai namun sebelumnya Pak Umar ngsih tausiyah tentang kunjungannya ke salah satu Universitas di Korea. Intinya nyintek harus diperangi. Beliau ngasih 3 so’al cukup mudah dan ditinggal ama beliau. Disini kejujuran para mahasiswa diperhitungkan. Selanjutnya tutor kalkulus namun aku sempat sholat ashar dulu di musholla fisika.

Usai tutor pulang, aku beli batagor dan jus tuk buka puasa. Buka puasa sore ini sangat istimewa.

(05-02-2010) Kalkulus kuis, alhamdulillah aku bisa. Tak seperti biasanya pak Yudi nyebut namaku tuk maju hitungin mahasiswa tentang anggapan kesulitan so’al yang tiga tadi. Waktu masih ada, beliau nglanjutin materi.

Seusai kuliah, ku ajak Sidik ke Pak Joko ( wali ) tuk tanda tangan pengajuan beasiswa namun beliau nggak ada.  Selanjutnya ke TU MIPA namun sayang ngantri. Aku pulang dan di kamar disamping online aku juga belajar.

Seusai jum’atan, aku online sampe mau maghrib. Jedah pas sholat. Aku coba perbaiki kualitas blog-ku. Sebelum maghrib, aku makan sayur sop, tempe dua dan gorengan satu 2500 plus pisang kecil dua 500. Murah banget !

Habis isya aku ke korut tuk halaqah ama kak Riyan sampai sebelum jam sepuluh. Seusai itu, aku pulang dan sempat nonton TV sampe jam setengah dua belasan.

DP2Q, Ciptakan Sang pejuang Qur’an

(29-01-2010). Aku kuliah sampe jam sembilanan doang. Pas pulang aku dah ditunggu kak Nasihin di depan kampus. Setelah ketemu dia, kuajak ke kontrakan. Aku bukannya ngejek namun dia tipical bukan orang yang kritis. Dia terlihat seperti orang yang kurang percaya diri dilihat dari lagaknya.

Aku sempat pinjem motornya tuk beli keperluan buat DP2Q. Ada pengalaman menarik disini. Pas kuserahin barang2ku di counter indomaret, uangku kurang. Akupun langsung ke ATM.

Kak nasihin jum’atan disini. Aku dianter sampe depan kampus (sebelah barat taman ganesha). Selanjutnya aku ke lapangan rumput salman, namun sebelumnya beli makan malam di kantin Salman.

Upacara pemberangkatan oleh kak Ryan dan dilanjutin akomodasi ke Ma’had Babussalam di Dago Atas. Sampai di sana, dilanjutin akomodasi ke kelas. Disini sante2 dulu. Diisi dengan sesi perkenalan.

Habis Ashar materi ke-MATA-an oleh Kak Ryan. Malamnya materi tentangMa’rifatul Islam oleh Ust. Asep Rodhi. Sekitar jam sepuluhan acara usai dan tidur dimasjid.

(30-01-2010) pagi2 sekitar jam setengah tiga dah bangun trus siap2 tuk tahajjud. Sholat tahajjud 11 rokaat dengan imam gantian per sekali salam. Aku tapi nggak ikutan. Selanjutnya subuh dan habis itu kultum oleh Dian tapi di masjid yang berbeda.

Selanjutnya olahraga, lari2 sampe Unisba dan dilanjutin dengan makan. Makan jama’ah terasa khidmat dan nikmat. Selanjutnya mandi dan materi. Materi kali ini oleh Ust. Abu Yahya. Beliau jelasin tentang Dakwah Islam. Aku sempat bangga dengan Ust. Ridwan hamidi yang dibicarain Ustadz ini.

Setelah acara ini dilanjutin sholat dan makan siang. Selanjutnya materi dari Ust. Abu Robbani. Beliau jelasin dengan sangat hebatnya tentang Al-qur’an termasuk cara membaca dengan benar dan teknik menghafal Al-qur’an. Beliau memberi materi dengan metode mengasikkan dan diselingi dengan canda gurau. Selanjutnya setelah ashar dilanjutin dengan materi tafsir oleh ust.Abi Kastam sampe maghrib namun sayang beliau telat lama baget kurang lebih sejam.

Selanjutnya habis maghrib makan dan habis Isya materi oleh Kak Rendy tentang ukhuwah. Beliau adalah mantan mahasiswa minyak ITB yang keluar. Namun dia juga pendiri NATC ( Bimbel Gamais ). Tausiyahnya sangat menggebu-nggebu dan menarik. Canda dan tawa pun nggak bisa dibendung lagi. Beliau da’i muda yang hebat. Setelah itu presentasi sekitar setengah jam lebih oleh pembina mata. Di sini aku baru tahu kak Habib itu kayak apa. Dia ngenalin dirinya namun aku pasca acara malu tuk nggobrol dengannya.

Agenda selanjutnya tidur di tempat seperti malam sebelumnya.

(31-01-2010) Bangun dan sholat malam lalu nglanjutin tiduran sampe shubuh. Mata terasa berat banget. Selanjutnya ke basecamp ‘kelas’ tuk baca al-ma’tsurat. Aku ngantuk dan sempat mejamin mata. Aku baca dikit aja. Setelah itu, olahraga sampe ke Unisba dan main bola di lapangan pesanteren. Timku menang 2-1. Selanjutnya aku mandi dan siap2 acara selanjutnya. Aku sempat sholat dhuha lalu ke tempat agenda yakni di ruang kelas lante 3.

Tim terbagi menjadi 8 tim. Aku tim 6, aku yang mempresentasikan disamping Dey, Zagalo dan Deva. Selanjutnya agenda terakhir. Para AM ditempatin di lapangan semuanya untuk memberikan saran maupun usulan acara DP2Q ini. Hujan belum reda, setelah sholat para AM dikumpulin lagi dan dibawa naik bukit untuk upacara terakhir. Inti acara ini adalah refleksi menjadi pejuang Qur’an. Acara ini dipandu oleh Akh. Aris. Hampir semua menagis termasuk aku. Akh. Aris nyuruh pelukan dengan temannya sebagai wujud ukhuwah. Kebetulan yang sama aku adalah Akrim alumni SMA 3 bandung yang sebelumnya belum aku kenal.

Agenda ditutup dengan salam dan peluk sama panitia dan pengurus. Lensa kacamataku hilang satu. Aku enggan tuk mencari. Aku bergegas ke lokasi. Agenda selanjutnya makan, pembagian hadiah dan pulang. Di perjalanan aku sempat tertidur. Sampe salman dan ikut bantuin angkat barang.

Selanjutnya jamaah ashar lalu aku ke ganesha optical di kompleks salman lalu pulang. Aku sempat ngajar Shiva sampe maghrib.

Malam ini begitu capeknya sampai aku tertidur…